Surakarta, – Teguh Tjokronegoro Ketua III PEPADI mengatakan, Pihak Keraton Surakarta menyatakan kesanggupanya untuk bekerjasama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) guna pelestarian dan pengembangan budaya khususnya Wayang. Beberapa even Keraton Surakarta yang selama ini sudah berjalan, meski beberapa vakum karena konflik intern Keraton. Misalnya peringatan 1 Syuro, Sekatenan, Tingalan Dalem biasanya ada Pergelaran Wayang bertempat di Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat, Hal itu dikatakan di sela-sela kesibukanya mengikuti Acara Tingalan Jumenengan ke-14 Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Paku Buwono XIIIi, Kamis (12/4). Di Sasono Sewoko Karaton Surakarta.

“Saya sebagai Ketua III PPEPADI Bidang Kerjasama antar Lembaga, selalu berupapaya di berbagai kesempatan untuk mengajak para pihak yang kompeten di bidang pelestarian budaya khususnya wayang untuk bekerjasama, bersinergi dalam memajukan budaya dengan memberikan kesempatan pentas kepada para seniman Dalang yang berprestasi untuk ditampilkan pada berbagai event, termasuk di lingkungan Kraton Surakarta Hainingrat,” Kantanya.

Lebih lanjut dikatakan, PEPADI juga mengandeng Yayasan Soeharto dalam hal ini Tommy Soehato untuk bersinergi dengan PEPADI. Di Era Orde Baru PEPADI /para Dalang sering di panggil ke Istana Negara untuk menerima arahan terkait penggarapan nilai-nilai persatuan, nilai kebangsaan, nilai kemanusiaan dalam rangka membentuk karakter dan jati diri bangsa. Terakhir Presiden Soeharto memberikan tugas kepada para Dalang untuk menjadi Guru Bangsa, dengan memesan Lakon  secara khusus yakni “Semar Mbabar Jatidiri”.

Secara pribadi, Tommy Soeharto peduli terhadap wayang, dan beliau akan suport terkait beberapa even tahunan Pepadi

Sementara itu secara terpisah Komandan Pengamanan Keraton Kasunanan Surakarta, KPA. Suro Agul-agul Begug Poernomosidi mengatakan, dalam acara prosesi ini PB XIII mengundang seluruh keluarga besar keraton, termasuk semua adik-adiknya.

“Semua diundang oleh Sinuhun PB XIII, diharapkan semua bisa hadir, guyuprukun dan disekuyung masyarakat,” jelas Begug.

KP. Teguh Tjokronegoro juga “nganthi” Ketua dan Wakil PEPADI Jakarta Timur, Agus Djoko Rijono dan Ki Wahyu Darmo pada upacara Tingala!n Dalem Jumenengan ke-14 Raja SISKS Pakubuwono (PB) XII di Sasana Sewaka yang diperingati tiap 25 Rejeb tahun Jawa. (BAS).