PEPADI Pusat Kembali Gelar Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional Tahun 2019

Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Pusat, Bapak Kondang Sutrisno, SE mengatakan, pendidikan “budi pekerti” sangatlah penting. Nilai-nilai wayang akan menjadi sarana pendidikan budi pekerti bagi anak – anak bangsa. Dengan budi pekerti yang unggul diharapkan Indonesia mampu mengejar ketertinggalan dengan bangsa – bangsa  lain, dan Festival Dalang Bocah  merupakan program mendesak yang perlu dilaksanakan secara berkelanjutan.

Berdasarkan beberapa hal tersebut PEPADI Pusat, dan  Pengelola Taman Mini Indonesia Indah dan pemangku kepentingan lainya akan menyelenggarakan Festival Dalang Bocah (FDB Tingkat Nasional Tahun 2019 pada tanggal  19-21 September 2019 di Pelataran Candi Bentar TMII Jakarta Timur.

Festival ini akan diikuti oleh Dalang Cilik berprestasi. Sedangkan kriteria Dalang Bocah  yakni  yang sedang mengenyam pendidikan di tingkat SD, SMP antara umur 8 -12 Tahun (kelompok A),  umur 13-15 Tahun ( kelompok B). Peserta diharapkan  dari berbagai provinsi di Indonesia. Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DIY NTB, Kalteng. Festival ini akan mempergelarkan berbagai ragam wayang, antara lain Wayang Kulit Purwa; Gagrak Surakarta, Yogyakarta, Jawatimuran, Banyumasan, wayang kulit Cirebonan,  wayang Menak Sasak, Wayang golek Purwa, Wayang Kulit Indramayu, Wayang Banjar.

Sekedar info, di tahun 2019 ini merupakan Festival Dalang Bocah  yang ke-10. Festival Dalang Bocah ini adalah agenda tetap PEPADI yang dilaksanakan setiap tahun sekali dan di selenggarakan di Jakarta sejak tahun 2008. Wayang sudah beberapa kali masuk ke Istana Negara, termasuk di HUT RI yang ke 74 Presiden memenuhi nonton bareng di halaman Istana Negara Jakarta. Namun demikian dukungan dari Kementerian /Lembaga dan stakeholder terhadap Festival Wayang belum  maksimal. Diharapkan even tahunan ini bisa didukung berbagai pihak yang peduli terhadap budaya bangsa.